Rumah Sakit sebagai pelayan kesehatan kepada masyarakat dalam perkembangannya dihadapkan kepada pilihan yang sulit, salah satunya diakibatkan oleh krisis ekonomi yang sampai saat ini masih belum ada perbaikan. Awalnya Rumah Sakit mempunyai fungsi sosial dalam penyembuhan penyakit, namun akhir-akhir ini mengarah kepada industri jasa yang oleh sebagian kalangan dianggap memberikan keuntungan finansial.
Perkembangan ini membuat pelayanan kesehatan di Rumah Sakit menjadi sangat kompleks. Pola pelayanan di Rumah Sakit berubah sejalan dengan munculnya paradigma baru yang dipengaruhi oleh perubahan epidemiologi , sosial ekonomi serta hubungan masyarakat dengan Rumah Sakit. Disisi lain kemampuan pemerintah untuk mensubsidi pelayanan kesehatan semakin berkurang, dibentuknya Rumah Sakit menjadi Badan Layanan Umum membuat Rumah Sakit Harus semakin meningkatkan kemampuannya baik dalam hal pengelolaan pelayanan, juga dalam hal pengelolaan keuangan.
Menghadapi permasalahan diatas sudah seharusnya pimpinan Rumah Sakit mengoptimalkan fungsi-fungsi yang ada di Rumah Sakit. Khususnya masalah kefarmasian yang menyerap sebagian besar biaya pelayanan kesehatan, maka penataan kembali pelayanan farmasi secara profesional dan mengutamakan kepentingan penderita akan secara signifikan meningkatkan mutu pelayanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar